Pegasus

Standar

Pegasus_Rising
Pegasus adalah seekor kuda jantan yang memiliki sayap putih lebar dan penerbang yang unggul. Pegasus adalah anak Medusa dan Poseidon. Dalam mitologi yunani disebutkan bahwa pegasus lahir dari darah medusa saat Perseus memenggal kepalanya.

Satu-satunya manusia yang mampu menunggangi Pegasus adalah Bellerofon. Bellerofon mampu menjinakkan Pegasus setelah memperoleh tali kekang emas dari Dewi Athena. Belleforon menunggangi Pegasus dalam berbagai petualangannya, misalnya ketika membunuh Chimera, mengalahkan kaum Solimi, dan melawan bangsa Amazon. Suatu ketika Bellerofon ingin menerbangkan pegasus ke Gunung Olympus, sehingga para dewa menghukumnya dan dia dihempaskan oleh Zeus. Namun, Pegasus tetap terbang dan berhasil tiba di Gunung Olympus. Disinilah Pegasus menghabiskan hari-harinya dengan membawakan petir untuk Zeus.

Pegasus banyak dijumpai didalam karya-karya seni, baik Yunani, Romawi, maupun Mesopotamia. Kata “PEGASUS” kini digunakan untuk merujuk kepada segala macam kuda bersayap secara umum.

Sumber : Buku Makhluk Mitologi Sedunia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s